Rabu, 19 Agustus 2009

NTB Beriman dan Berdaya Saing

NTB Bersaing adalah Akronim dari Nusa Tenggara Barat yang Beriman dan Berdaya Saing. NTB Bersaing merupakan Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat periode 2008-2013 dibawah pimpinan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, TG Bajang KH. M. Zainul Majdi,MA dan Drs.H. Badrul Munir,MM.

Sebagai pasangan pemenang pilkada NTB pada tahun 2008 lalu, Beliau bertekad untuk mewujudkan apa yang selama ini telah dikampanyekan untuk membangun provinsi NTB. Berikut ini adalah Visi dan Misi NTB 2008-2013 :
VISI
Tewujudnya Masyarakat Nusa Tenggara Barat Yang Beriman Dan Berdayasaing (NTB BerSaing).
MISI
  1. Mengembangkan masyarakat madani yang berakhlak mulia, berbudaya, menghormati pluralitas dan kesetaraan gender;
  2. Meningkatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berkeadilan,terjangkau dan berkualitas;
  3. Menumbuhkan ekonomi berbasis sumberdaya lokal dan mengembangkan investasi dengan mengedepankan prinsip pembangunan berkelanjutan;
  4. Melakukan percepatan pembangunan infrastruktur strategis dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi;
  5. Menegakkan supremasi hukum, pemerintahan yang bebas KKN dan memantapkan otonomi daerah;
PROGRAM UNGGULAN
  1. Mengembangkan masyarakat madani yang berakhlak mulia, berbudaya, menghormati pluralitas dan kesetaraan gender, dengan program unggulan: (a) Pemberdayaan keluarga sebagai basis pendidikan moral dan spiritual; (b) Pemantapan kerukunan hidup inter dan antarumat beragama; (c) Penguatan ketahanan budaya dan kearifan lokal; (d) Pemenuhan keterwakilan 30 persen perempuan dalam pemerintahan dan perluasan akses terhadap sumberdaya
  2. Meningkatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berkeadilan, terjangkau dan berkualitas,dengan program unggulan: (a) Penyelenggaraan pendidikan dasar gratis; (b) Penuntasan buta aksara dan wajib belajar 9 tahun serta pencanangan wajib belajar 12 tahun; (c) Pelayanan kesehatan dasar gratis; (d) Pengembangan desa sehat dan desa siaga.
  3. Menumbuhkan ekonomi berbasis sumberdaya lokal dan mengembangkan investasi dengan mengedepankan prinsip pembangunan berkelanjutan, dengan program unggulan: (a) Revitalisasi perdesaan dan pengembangan agropolitan;(b) Pengembangan desa mandiri pangan; (c) Pengembangan pariwisata budaya dan spiritual; (d) Peningkatan investasi dan perluasan kesempatan kerja.
  4. Melakukan percepatan pembangunan infrastruktur strategis dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi; dengan program unggulan: (a) percepatan penanganan jalan provinsi dan jalan nasional; (b) Percepatan pembangunan bandar udara (c) Percepatan penyediaan air irigasi dan air bersih; (d) Percepatan pembangunan kelistrikan; dan (e) Pemanfaatan teknologi tepat guna.
  5. Menegakkan supremasi hukum, pemerintahan yang bebas KKN dan memantapkan otonomi daerah, dengan program unggulan: (a) Pemantapan rasa aman dan tertib hukum; (b) Percepatan penanggulangan korupsi; (c) Penataan birokrasi pemerintahan daerah (d) Pemantapan pengendalian dan pengawasan pembangunan; (e) Peningkatan kualitas penyelenggaraan otonomi daerah
Semoga NTB BerSaing benar-benar dapat terwujud. Dan mudah-mudahan Rahmat dan Ridla Allah selalu menyertai Beliau dalam menegakkan kebenaran di Bumi Gora.

2 komentar:

TIOQ TATA TUNAQ mengatakan...

NTB Beriman dan Berdaya Saing

M.Helmi Hariadi mengatakan...

terima kasih atas kunjungannya